Pengiriman Barang Kargo Jasa Ekspedisi Murah Jakarta Barito

Inilah Prosedur Pengiriman Cargo Import

Arus globalisasi membuat jarak antar negara terasa begitu dekat sehingga aktifitas eksport-import pun meningkat dengan tajam seiring dengan bertambah banyaknya para pelaku bisnis yang mengirim dan mendatangkan barang dari negara lain.

Fenomena tersebut juga didorong dengan semakin mudahnya proses pengiriman barang antar negara. Tentunya kemudahan proses tersebut akan dapat dirasakan bila mengetahui prosedur dalam pengiriman cargo import.

Prosedur Pengiriman Cargo Import
Secara umum proses pengiriman cargo import terbagi atas 2 prosedur, yaitu perdokumenan dan pergudangan. Kedua prosedur tersebut saling berhubungan satu dengan yang lain dan dilaksanakan dalam waktu yang sama namun dengan lokasi yang berbeda.

Prosedur Perdokumenan
Prosedur perdokumenan terbagi atas 4 tahap yaitu:

1. Acceptance
Acceptance merupakan unit penerimaan barang yang bertugas mempersiapkan cargo dengan memberikan break down plan pada petugas. Selain itu tugas acceptance adalah memverifikasi dokumen sebelum melangkah ke tahap berikutnya.

Pada tahap ini tanggung jawab acceptance adalah turun ke apron untuk melaksanakan kegiatan perdokumenan, seperti mencari inward manifest dari PDE manifest, mengambil dokumen AWB (Air Way Bill) dari pesawat, mengecek dokumen AWB ke Inward Manifest, menyimpan 4 copy AWB dan menyerahkan 2 copy AWB untuk consignee ke docpros, menyerahkan data AWB ke docpros untuk DO (Delivered Order) dan membuat CIR (Cargo Irregularity Report) jika ada cargo yang bermasalah.

2. Docpros (Document Processing)
Docpros adalah proses pembuatan dan penyesuaian dokumen yakni AWB untuk pengeluaran barang. Tahap-tahapnya adalah mengambil AWB dari acceptance, menyampaikan kepada consignee lewat fax, email dan telepon pemberitahuan NOA (Notice of Arrival), membuat DO untuk pembayaran sewa gudang dan membuat SIPB (Surat Izin Pengeluaran Barang).

3. Administrasi/Pajak
Berbagai bentuk pembiayaan yang terkait dengan cargo, proses administrasi dan pembayarannya dilakukan oleh consignee kepada operator pergudangan. Disaat itulah consignee akan menerima lembar faktur pajak.

4. Lokasi Import
Lokasi yang menjadi tempat pengambilan barang oleh consignee dinamakan lokasi import. Untuk dapat mengambil barang-barang import, consignee harus menyerahkan dokumen yang telah dipersiapkan sebelumnya sebagaimana dijelaskan pada 3 item sebelumnya.

Prosedur Pergudangan
Prosedur pergudangan terdiri atas 3 tahap, yaitu:

1. Gudang
Gudang adalah lokasi penyimpanan barang/cargo yang datang (inbond/import) maupun yang akan diangkut (outbond/export). Disinilah barang/cargo akan melalui proses breakdown serta penempatan pada proses penyimpanan di lokasi import.

2. Breakdown
Breakdown merupakan proses pembongkaran barang/cargo setelah cargo tiba di gudang. Selanjutnya, penerima/consignee dapat mengambil cargo setelah dilakukan checklist, packing, labelling, special shipment dan marking.

Pelaksanaan breakdown dilakukan setelah petugas mendapatkan breakdown plan dari acceptance. Kondisi ULD selanjutnya diperiksa dan cargo dibongkar. Setelah itu kondisi ULD akan dicatat, mulai dari nomor ULD, nomor MAWB, jumlah per-ULD, jenis, warna, kemasan dan kondisi segel.

Setelah dilakukan pencatatan, cargo akan dilokalisasikan sesuai dengan permintaan, tujuan dan jenis cargo. Hasil breakdown tersebut kemudian diserahkan ke petugas storage, dan petugas storage akan mengirim hasil breakdown melalui telex dan email ke unit-unit terkait.

3. Lokasi Import
Lokasi import merupakan tempat proses persiapan barang/cargo berlangsung. Lokasi import berhubungan dengan pergudangan yang menjadi tempat cargo import ditempatkan di area penyimpanan.

Prosesnya, cargo hasil breakdown ditempatkan pada rak-rak atau area penyimpanan sesuai dengan lokasi berdasarkan permintaan, jenis komoditas, jenis cargo, nomor AWB, ukuran serta berat. Selanjutnya, cargo tersebut dipersiapkan untuk kemudian diserahkan kepada penerima atau consignee.

Demikian prosedur yang harus dilakukan dalam pengiriman cargo import.


PT. Nusa Dharma Ekspresindo selalu siap membantu Anda untuk mengirimkan kargo, barang, maupun paket urgent atau yang butuh harus segera dikirim dengan cepat demi efisiensi waktu dan fleksibilitas. Jadi, Anda tidak perlu khawatir jika sewaktu – waktu ada keperluan mendesak untuk mengirim logistik karena NDE Cargo selalu siap dan bisa diandalkan. Untuk tarif pengiriman, kami menyediakan special price untuk priority client yang sudah sering melakukan repeat order. Reguler customer juga bisa mendapatkan harga terbaik yang kompetitif dengan layanan berkelas dan berkualitas.

NDE Cargo – Your Trusted Logistic Partner
Based: Jl. Cikunir Raya No. 20,
Jaka Mulya, Bekasi Selatan,
Jawa Barat – 17146
Phone: (021) 8243 6892
//ndecargo.co.id
//ndelogistic.co.id
//ekspedisimurah.com

#cargo #corporatecargo #ekspedisi #ekspedisibekasi #ekspedisicepat #ekspedisijakarta #ekspedisimurah #jasaekspedisi #jasalogistik #kargo #kargoindonesia #kargojakarta #kargomurah #kirim #kirimbarang #kirimkargo #kirimlogistik #kirimmebel #kirimmobil #kirimmotor #kirimpaket #kirimretail #logistic #logistik #logistikjakarta #logistikkargo #logistikmurah #movers #perusahaankargo #pindahan

Hubungi Tim Marketing NDE Cargo

admin nde

Butuh bantuan? Mari chat NDE Cargo!

Para pelanggan yang terhormat, jam kerja kami dari pukul 08:00 s/d 19:00. Apabila offline, pesan akan kami respon secepatnya pada esok hari.

Deal Maker

Adya

Online

Deal Maker

Desi

Online

Deal Maker

Perdy

Online

Deal Maker

Putri

Online

Deal Maker

Wita

Online

Deal Maker

Eva

Online

Deal Maker Corporate Cargo

Andi Wati

Online

Adya

Hi, ada yang bisa saya bantu? 00.00

Desi

Hi, ada yang bisa saya bantu? 00.00

Perdy

Hi, ada yang bisa saya bantu? 00.00

Putri

Hi, ada yang bisa saya bantu? 00.00

Wita

Hi, ada yang bisa saya bantu? 00.00

Eva

Hi, ada yang bisa saya bantu? 00.00

Andi Wati

Hi, ada yang bisa saya bantu? 00.00
error: Konten NDE Cargo di Proteksi!