Syarat dan Ketentuan

STANDAR PENGIRIMAN
You are here:
  • PT. Nusa Dharma Ekspresindo selanjutnya disebut NDE Cargo.
  • NDE Cargo melaksanakan pekerjaan pengiriman barang dari Pengirim berdasarkan peraturan dan persyaratan NDE Cargo sampai ke penerima dan penerima telah menerima dan setuju dengan seluruh syarat dan ketentuan yang berlaku di NDE Cargo.
  • Pengirima wajib memberikan data lengkap dan benar meliputi antara lain: nama pengirim, alamat pengirim, nomor telepon rumah atau kantor atau nomor handphone atau nomor telepon genggam pengirim, jumlah barang, ukuran barang, berat barang dan jenis barang, nama penerima, nomor telepon atau handphone penerima dan alamat penerima, secara lengkap, jelas, tidak dan menggunakan istilah, kode atau singkatan.
  • NDE Cargo bertanggung jawab atas klaim atau tuntutan ganti rugi yang dilakukan oleh pihak penerima atas barang yang diterima oleh pihak penerima hanya akan diproses oleh NDE Cargo, apabila tidak lewat dari waktu atau selambat-lambatnya 1×24 jam (Satu kali dua puluh empat jam) atau 1 (satu) hari setelah bukti tanda terima barang telah ditanda tangani penerima.
  • Penerima wajib memberikan informasi klaim atau tuntutan ganti rugi atas barang yang diterima ke pihak NDE Cargo sesuai dengan point nomor 4 (empat) di atas, dan apabila informasi klaim NDE Cargo terima telah lewat dari 1×24 jam (satu kali dua puluh empat jam) atau 1 (satu) hari setelah ditanda tangani oleh pihak penerima maka klaim tersebut dinyatakan batal dan tidak dapat diproses.
  • Klaim atau tuntutan ganti rugi yang akan NDE Cargo proses harus dan wajib menyertakan data-data sebagai berikut: berita acara klaim, fotokopi kartu tanda penduduk pengirim, asli bukti tanda terima barang, foto bukti kerusakan barang yang akan diklaim. Di luar itu, NDE Cargo tidak akan memproses klaim tersebut.
  • Proses klaim yang masuk ke NDE Cargo akan diverifikasi berkas pernyataan klaim atau tuntutan ganti rugi sesuai dengan persyaratan klaim yang tertera di poin 6 (enam) yang selanjutnya akan diproses oleh NDE Cargo dalam jangka waktu 14 (empat belas) hari kerja.
  • Premi asuransi adalah sebesar 0,25% (nol koma dua puluh lima persen) dari packing list barang kiriman, untuk nilai barang di atas Rp 100.000.000 (seratus juta rupiah) sedangkan untuk nilai barang dibawah Rp 100.000.000 (seratus juta rupiah) nilai premi asuransinya adalah sebesar Rp 300.000 (tiga ratus ribu rupiah). Nilai barang harus sesuai dengan packing list atau bukti nilai atau harga tertulis, secara resmi dan asli serta terdapat stempel atau marka asli dari penjual.
  • NDE Cargo tidak bertanggung jawab atas kehilangan, kerusakan dan biaya lain –lain yang timbul akibat faktor alam, bencana alam, kebakaran, banjir dan huru – hara atau hal – hal yang berhubungan dengan keadaan kahar atau force majeur.
  • Barang-barang yang akan diklaim harus dibungkus, kemas atau packing secara sempurna oleh pihak pengirim, apabila pihak pengirim tidak melakukan hal tersebut dan menyetujui pihak NDE Cargo untuk melakukan hal tersebut, maka NDE Cargo akan mengenakan biaya atas kegiatan bungkus, kemas atau packing.
  • Pihak pengirim wajib memberitahukan data lengkap dan detail yang berhubungan isi barang kiriman dan perkiraan nilai barang yang akan dikirim lewat NDE Cargo.
  • NDE Cargo tidak menerima barang atau obat-obatan terlarang seperti barang yang termasuk kategori narkotika dan sejenisnya yang dilarang oleh peraturan undang-undang pemerintah yang berlaku.
  • Pihak pengirim atau penerima tidak keberatan jika barang kirimannya dibuka atau diperiksa oleh pihak yang berwajib atau pihak otoritas pelabuhan atau maskapai penerbangan.
  • Bukti tanda terima barang atau surat tanda terima atau airwaybill lembar 1 (pertama) merupakan bukti pelunasan untuk pembayaran tunai dan juga sebagai data atau alat bukti penagihan yang sah jika proses pembayaran dengan sistem tempo atau jangka waktu atau invoice, khusus untuk pelanggan korporasi atau perusahaan yang telah melakukan perjanjian kerja sama oleh NDE Cargo.
  • Pengirim harus melakukan pembayaran terlebih dahulu agar barang dapat diproses keberangkatannya kecuali pengirim barang telah menjadi pelanggan prioritas atau korporasi atau perusahaan yang telah melakukan perjanjian kerja sama oleh NDE Cargo.
  • Untuk barang yang berada di gudang NDE Cargo dikarenakan tidak atau batal dikirim yang disebabkan oleh pengirim, sehingga barang tersebut harus berada di gudang NDE Cargo dengan jangka waktu maksimal 14 (empat belas) hari kerja di gudang NDE Cargo terhitung sejak barang diterima atau dijemput oleh pihak NDE Cargo dan jika lebih dari 14 (empat belas) hari kerja maka akan dikenakan biaya tambahan untuk penyimpanan per-harinya, yang nominalnya akan ditetapkan oleh pihak NDE Cargo dengan maksimal waktu penyimpanan 1 (satu) bulan dan selanjutnya bukan tanggung jawab kami.
  • Pengirim yang melalui moda transportasi yang menggunakan kontainer atau kotak kargo, maka untuk biaya penumpukan atas kontainer atau kotak kargo, atau demurrage atau biaya kelebihan waktu berlabuh, NDE Cargo mengikuti aturan yang berlaku dari pihak pelayaran dan Pelindo (Pelabuhan Indonesia).

Layanan dedicated corporate

PERUSAHAAN ANDA BUTUH SOLUSI LOGISTIK YANG HEMAT?

Kebutuhan logistik cargo retail dengan corporate tentunya berbeda, jika perusahaan Anda memiliki kebutuhan logistik yang spesifik dan berbeda dengan layanan reguler yang kami tawarkan, jangan segan untuk berkonsultasi dan berkolaborasi dengan kami. Akan provide setiap kebutuhan perusahaan Anda dengan maksimal.

F.A.Q

YANG SERING DITANYAKAN
Sejauh mana layanan jangkauan pengiriman logistik NDE Cargo?

Menjangkau seluruh wilayah Indonesia sampai ke setiap kabupaten dan kota – kota terpencil.

Bagaimana cara menentukan berat barang kiriman?

Ini yang paling sering membuat pelanggan terkecoh. Sebelumnya, pelanggan sudah menghitung dan memperkirakan berat barang kiriman, ternyata pihak ekspedisi memberikan hitungan yang berbeda. Untuk barang kiriman yang ringan dan memerlukan banyak ruang pihak ekspedisi akan menerapkan sistem volumetric atau dimensi.

Formula hitungnya adalah panjang x lebar x tinggi/6.000 untuk pengiriman menggunakan pesawat. Sementara jika Anda mengirim barang menggunakan kapal formulanya panjang x lebar x tinggi/4.000. Kemudian hasil hitungan volumetric tersebut akan dibandingkan dengan berat aktual barang. Harga yang diambil adalah yang paling besar hitungannya.

Transportasi darat, laut dan udara, pilih yang mana?

Ini tentu sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda ingin cepat, bisa memilih jasa transportasi udara, namun tarif pengirimannya bisa lebih mahal. Jika ingin lebih murah, Anda bisa memilih jasa transportasi kapal laut atau darat (trucking), akan tetapi waktu pengirimannya lebih lambat.

Apakah layanan packing kayu disediakan oleh NDE Cargo? Jika ya, apakah berbayar?

Ya, NDE Cargo menyediakan packing kayu / pallet dengan bahan kayu berkualitas serta pekerja berpengalaman dalam membuat packing kayu.

Apakah ada layanan untuk asuransi barang? Jika ada, barang apa saja yang harus diasuransikan?

Setiap jasa ekspedisi memiliki kebijakan yang berbeda terkait asuransi. Hanya saja untuk barang berharga dan memiliki nilai jual dengan batas tertentu pihak ekspedisi akan memberikan asuransi. Nah, batas tertentu ini yang seringkali tidak sama antara satu ekspedisi dan lainnya. Untuk kendaraan bermotor seperti mobil atau sepeda motor, barang mewah atau alat berat sebaiknya diasuransikan, untuk langkah antisipasi. NDE Cargo bekerja sama dengan Tokyo Marine untuk jasa asuransi.

Opsi pembayaran apa saja yang disediakan oleh NDE Cargo?

Cash dan invoice

Apakah pembayaran jasa pengiriman bisa dicicil?

Tidak bisa.

Jika saya ingin melakukan pembatalan pengiriman, bagaimana caranya?

Melakukan koordinasi dengan customer support dan juga dengan tim sales representatif.

Apakah dana pengiriman bisa di refund?

Ya bisa, dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Apakah ada kontrak atau agreement jika ingin melakukan pengiriman skala besar?

Ya, jika dengan perusahaan ada kontrak antar perusahaan.

Apakah barang yang saya kirim dapat di pantau / tracking?

Ya, di NDE Cargo anda bisa memantau sampai mana lokasi barang anda. Anda dapat menghubungi customer service maupun dengan tracking system.

Berapa lama barang kiriman akan sampai?

Barang kiriman tiba ditujuan tentunya tergantung pada pilihan transportasi yang digunakan. Untuk kiriman menggunakan kargo udara, bisa 3 sampai 4 hari kerja. Sementara untuk pengiriman menggunakan kapal memerlukan waktu paling tidak satu minggu dari jadwal keberangkatan kapal. Lama pengiriman melalui darat juga ditentukan oleh kondisi di jalanan.

Selain itu, lama pengiriman juga ditentukan oleh jarak tempuh dari kota asal ke kota tujuan. Jika membutuhkan transportasi lanjutan dari pelabuhan terdekat atau jadwal keberangkatan kapal tidak setiap hari, maka pengiriman bisa lebih lambat.

Apakah NDE Cargo menerima pengiriman Hewan atau Tumbuhan Hidup?

Mohon maaf, NDE Cargo tidak melayani untuk pengiriman hewan atau tumbuhan hidup. Minimal pengiriman kami adalah 100 Kg biasanya berupa Barang kebutuhan industri, retail, kendaraan, spare part, dan sebagainya.

Jika barang kiriman rusak, bagaimana cara melakukan klaim?

Untuk persyaratan klaim, anda bisa membaca lebih lengkap di halamn ini.

Jasa ekspedisi mana yang tidak sekedar murah?

NDE Cargo jawabannya! Pengirimannya tidak hanya ke kota – kota besar saja, tetapi juga ke seluruh wilayah di Indonesia bahkan ke daerah perbatasan. Anda bisa datang ke kantor kami atau menghubungi customer service melalui kontak yang ada untuk memesan layanan yang sesuai.

Layanan dedicated corporate

PERUSAHAAN ANDA BUTUH SOLUSI LOGISTIK YANG HEMAT?

Kebutuhan logistik cargo retail dengan corporate tentunya berbeda, jika perusahaan Anda memiliki kebutuhan logistik yang spesifik dan berbeda dengan layanan reguler yang kami tawarkan, jangan segan untuk berkonsultasi dan berkolaborasi dengan kami. Akan provide setiap kebutuhan perusahaan Anda dengan maksimal.

Klaim

PERSYARATAN GANTI RUGI
  • Ganti rugi diakibatkan barang hilang setingi tinginya 10 (sepuluh) kali dari biaya pengiriman per item.
  • Barang yang rusak hancur atau hilang sebelum pengiriman.
  • Keterlambatan yang disebabkan selain oleh faktor eksternal.
  • Sifat barang mudah busuk, seperti barang makanan tidak bisa melakukan klaim.
  • Disarankan untuk mengasuransikan barang yang mudah rusak, terutama barang – barang yang mempunyai nilai tinggi.
  • Jika barang ditahan oleh pihak berwajib, maka pemilik barang tersebut yang bertanggung jawab dan menyelesaikan permasalahan tersebut.
  • Pengirim barang wajib mencantumkan nama pengirim dan penerima barang serta nomor telepon masing–masing.
  • Biaya penggantian klaim, maksimal 10 kali biaya pengiriman atau maksimal penggantian Rp 1.000.000,-

Syarat dan Ketentuan

PENGIRIMAN MELALUI NDE CARGO
You are here:
  • PT. Nusa Dharma Ekspresindo selanjutnya disebut NDE Cargo.
  • NDE Cargo melaksanakan pekerjaan pengiriman barang dari Pengirim berdasarkan peraturan dan persyaratan NDE Cargo sampai ke penerima dan penerima telah menerima dan setuju dengan seluruh syarat dan ketentuan yang berlaku di NDE Cargo.
  • Pengirima wajib memberikan data lengkap dan benar meliputi antara lain: nama pengirim, alamat pengirim, nomor telepon rumah atau kantor atau nomor handphone atau nomor telepon genggam pengirim, jumlah barang, ukuran barang, berat barang dan jenis barang, nama penerima, nomor telepon atau handphone penerima dan alamat penerima, secara lengkap, jelas, tidak dan menggunakan istilah, kode atau singkatan.
  • NDE Cargo bertanggung jawab atas klaim atau tuntutan ganti rugi yang dilakukan oleh pihak penerima atas barang yang diterima oleh pihak penerima hanya akan diproses oleh NDE Cargo, apabila tidak lewat dari waktu atau selambat-lambatnya 1×24 jam (Satu kali dua puluh empat jam) atau 1 (satu) hari setelah bukti tanda terima barang telah ditanda tangani penerima.
  • Penerima wajib memberikan informasi klaim atau tuntutan ganti rugi atas barang yang diterima ke pihak NDE Cargo sesuai dengan point nomor 4 (empat) di atas, dan apabila informasi klaim NDE Cargo terima telah lewat dari 1×24 jam (satu kali dua puluh empat jam) atau 1 (satu) hari setelah ditanda tangani oleh pihak penerima maka klaim tersebut dinyatakan batal dan tidak dapat diproses.
  • Klaim atau tuntutan ganti rugi yang akan NDE Cargo proses harus dan wajib menyertakan data-data sebagai berikut: berita acara klaim, fotokopi kartu tanda penduduk pengirim, asli bukti tanda terima barang, foto bukti kerusakan barang yang akan diklaim. Di luar itu, NDE Cargo tidak akan memproses klaim tersebut.
  • Proses klaim yang masuk ke NDE Cargo akan diverifikasi berkas pernyataan klaim atau tuntutan ganti rugi sesuai dengan persyaratan klaim yang tertera di poin 6 (enam) yang selanjutnya akan diproses oleh NDE Cargo dalam jangka waktu 14 (empat belas) hari kerja.
  • Premi asuransi adalah sebesar 0,25% (nol koma dua puluh lima persen) dari packing list barang kiriman, untuk nilai barang di atas Rp 100.000.000 (seratus juta rupiah) sedangkan untuk nilai barang dibawah Rp 100.000.000 (seratus juta rupiah) nilai premi asuransinya adalah sebesar Rp 300.000 (tiga ratus ribu rupiah). Nilai barang harus sesuai dengan packing list atau bukti nilai atau harga tertulis, secara resmi dan asli serta terdapat stempel atau marka asli dari penjual.
  • NDE Cargo tidak bertanggung jawab atas kehilangan, kerusakan dan biaya lain –lain yang timbul akibat faktor alam, bencana alam, kebakaran, banjir dan huru – hara atau hal – hal yang berhubungan dengan keadaan kahar atau force majeur.
  • Barang-barang yang akan diklaim harus dibungkus, kemas atau packing secara sempurna oleh pihak pengirim, apabila pihak pengirim tidak melakukan hal tersebut dan menyetujui pihak NDE Cargo untuk melakukan hal tersebut, maka NDE Cargo akan mengenakan biaya atas kegiatan bungkus, kemas atau packing.
  • Pihak pengirim wajib memberitahukan data lengkap dan detail yang berhubungan isi barang kiriman dan perkiraan nilai barang yang akan dikirim lewat NDE Cargo.
  • NDE Cargo tidak menerima barang atau obat-obatan terlarang seperti barang yang termasuk kategori narkotika dan sejenisnya yang dilarang oleh peraturan undang-undang pemerintah yang berlaku.
  • Pihak pengirim atau penerima tidak keberatan jika barang kirimannya dibuka atau diperiksa oleh pihak yang berwajib atau pihak otoritas pelabuhan atau maskapai penerbangan.
  • Bukti tanda terima barang atau surat tanda terima atau airwaybill lembar 1 (pertama) merupakan bukti pelunasan untuk pembayaran tunai dan juga sebagai data atau alat bukti penagihan yang sah jika proses pembayaran dengan sistem tempo atau jangka waktu atau invoice, khusus untuk pelanggan korporasi atau perusahaan yang telah melakukan perjanjian kerja sama oleh NDE Cargo.
  • Pengirim harus melakukan pembayaran terlebih dahulu agar barang dapat diproses keberangkatannya kecuali pengirim barang telah menjadi pelanggan prioritas atau korporasi atau perusahaan yang telah melakukan perjanjian kerja sama oleh NDE Cargo.
  • Untuk barang yang berada di gudang NDE Cargo dikarenakan tidak atau batal dikirim yang disebabkan oleh pengirim, sehingga barang tersebut harus berada di gudang NDE Cargo dengan jangka waktu maksimal 14 (empat belas) hari kerja di gudang NDE Cargo terhitung sejak barang diterima atau dijemput oleh pihak NDE Cargo dan jika lebih dari 14 (empat belas) hari kerja maka akan dikenakan biaya tambahan untuk penyimpanan per-harinya, yang nominalnya akan ditetapkan oleh pihak NDE Cargo dengan maksimal waktu penyimpanan 1 (satu) bulan dan selanjutnya bukan tanggung jawab kami.
  • Pengirim yang melalui moda transportasi yang menggunakan kontainer atau kotak kargo, maka untuk biaya penumpukan atas kontainer atau kotak kargo, atau demurrage atau biaya kelebihan waktu berlabuh, NDE Cargo mengikuti aturan yang berlaku dari pihak pelayaran dan Pelindo (Pelabuhan Indonesia).

Layanan dedicated corporate

PERUSAHAAN ANDA BUTUH SOLUSI LOGISTIK YANG HEMAT?

Kebutuhan logistik cargo retail dengan corporate tentunya berbeda, jika perusahaan Anda memiliki kebutuhan logistik yang spesifik dan berbeda dengan layanan reguler yang kami tawarkan, jangan segan untuk berkonsultasi dan berkolaborasi dengan kami. Akan provide setiap kebutuhan perusahaan Anda dengan maksimal.

F A Q

FREQUENTLY ASKED QUESTION
Sejauh mana layanan jangkauan pengiriman logistik NDE Cargo?

Menjangkau seluruh wilayah Indonesia sampai ke setiap kabupaten dan kota – kota terpencil.

Bagaimana cara menentukan berat barang kiriman?

Ini yang paling sering membuat pelanggan terkecoh. Sebelumnya, pelanggan sudah menghitung dan memperkirakan berat barang kiriman, ternyata pihak ekspedisi memberikan hitungan yang berbeda. Untuk barang kiriman yang ringan dan memerlukan banyak ruang pihak ekspedisi akan menerapkan sistem volumetric atau dimensi.

Formula hitungnya adalah panjang x lebar x tinggi/6.000 untuk pengiriman menggunakan pesawat. Sementara jika Anda mengirim barang menggunakan kapal formulanya panjang x lebar x tinggi/4.000. Kemudian hasil hitungan volumetric tersebut akan dibandingkan dengan berat aktual barang. Harga yang diambil adalah yang paling besar hitungannya.

Transportasi darat, laut dan udara, pilih yang mana?

Ini tentu sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda ingin cepat, bisa memilih jasa transportasi udara, namun tarif pengirimannya bisa lebih mahal. Jika ingin lebih murah, Anda bisa memilih jasa transportasi kapal laut atau darat (trucking), akan tetapi waktu pengirimannya lebih lambat.

Apakah layanan packing kayu disediakan oleh NDE Cargo? Jika ya, apakah berbayar?

Ya, NDE Cargo menyediakan packing kayu / pallet dengan bahan kayu berkualitas serta pekerja berpengalaman dalam membuat packing kayu.

Apakah ada layanan untuk asuransi barang? Jika ada, barang apa saja yang harus diasuransikan?

Setiap jasa ekspedisi memiliki kebijakan yang berbeda terkait asuransi. Hanya saja untuk barang berharga dan memiliki nilai jual dengan batas tertentu pihak ekspedisi akan memberikan asuransi. Nah, batas tertentu ini yang seringkali tidak sama antara satu ekspedisi dan lainnya. Untuk kendaraan bermotor seperti mobil atau sepeda motor, barang mewah atau alat berat sebaiknya diasuransikan, untuk langkah antisipasi. NDE Cargo bekerja sama dengan Tokyo Marine untuk jasa asuransi.

Opsi pembayaran apa saja yang disediakan oleh NDE Cargo?

Cash dan invoice

Apakah pembayaran jasa pengiriman bisa dicicil?

Tidak bisa.

Jika saya ingin melakukan pembatalan pengiriman, bagaimana caranya?

Melakukan koordinasi dengan customer support dan juga dengan tim sales representatif.

Apakah dana pengiriman bisa di refund?

Ya bisa, dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Apakah ada kontrak atau agreement jika ingin melakukan pengiriman skala besar?

Ya, jika dengan perusahaan ada kontrak antar perusahaan.

Apakah barang yang saya kirim dapat di pantau / tracking?

Ya, di NDE Cargo anda bisa memantau sampai mana lokasi barang anda. Anda dapat menghubungi customer service maupun dengan tracking system.

Berapa lama barang kiriman akan sampai?

Barang kiriman tiba ditujuan tentunya tergantung pada pilihan transportasi yang digunakan. Untuk kiriman menggunakan kargo udara, bisa 3 sampai 4 hari kerja. Sementara untuk pengiriman menggunakan kapal memerlukan waktu paling tidak satu minggu dari jadwal keberangkatan kapal. Lama pengiriman melalui darat juga ditentukan oleh kondisi di jalanan.

Selain itu, lama pengiriman juga ditentukan oleh jarak tempuh dari kota asal ke kota tujuan. Jika membutuhkan transportasi lanjutan dari pelabuhan terdekat atau jadwal keberangkatan kapal tidak setiap hari, maka pengiriman bisa lebih lambat.

Apakah NDE Cargo menerima pengiriman Hewan atau Tumbuhan Hidup?

Mohon maaf, NDE Cargo tidak melayani untuk pengiriman hewan atau tumbuhan hidup. Minimal pengiriman kami adalah 100 Kg biasanya berupa Barang kebutuhan industri, retail, kendaraan, spare part, dan sebagainya.

Jika barang kiriman rusak, bagaimana cara melakukan klaim?

Untuk persyaratan klaim, anda bisa membaca lebih lengkap di halamn ini.

Jasa ekspedisi mana yang tidak sekedar murah?

NDE Cargo jawabannya! Pengirimannya tidak hanya ke kota – kota besar saja, tetapi juga ke seluruh wilayah di Indonesia bahkan ke daerah perbatasan. Anda bisa datang ke kantor kami atau menghubungi customer service melalui kontak yang ada untuk memesan layanan yang sesuai.

Layanan dedicated corporate

PERUSAHAAN ANDA BUTUH SOLUSI LOGISTIK YANG HEMAT?

Kebutuhan logistik cargo retail dengan corporate tentunya berbeda, jika perusahaan Anda memiliki kebutuhan logistik yang spesifik dan berbeda dengan layanan reguler yang kami tawarkan, jangan segan untuk berkonsultasi dan berkolaborasi dengan kami. Akan provide setiap kebutuhan perusahaan Anda dengan maksimal.

Klaim

PERSYARATAN GANTI RUGI
  • Ganti rugi diakibatkan barang hilang setingi tinginya 10 (sepuluh) kali dari biaya pengiriman peritem.
  • Barang yang rusak hancur atau hilang sebelum pengiriman.
  • Keterlambatan yang disebabkan selain oleh faktor eksternal.
  • Sifat barang mudah busuk, seperti barang makanan tidak bisa melakukan klaim.
  • Disarankan untuk mengasuransikan barang yang mudah rusak, terutama barang – barang yang mempunyai nilai tinggi.
  • Jika barang ditahan oleh pihak berwajib, maka pemilik barang tersebut yang bertanggung jawab dan menyelesaikan permasalahan tersebut.
  • Pengirim barang wajib mencantumkan nama pengirim dan penerima barang serta nomor telepon masing–masing.
  • Biaya penggantian klaim, maksimal 10 kali biaya pengiriman atau maksimal penggantian Rp 1.000.000,-