PT Pelayaran Nasional Indonesia (PELNI) menjadi salah satu pilihan armada laut yang sangat direkomendasikan dalam mengirim cargo atau logistik melalui jalur laut. Bukan tanpa alasan, perusahaan milik negara yang didirikan sejak tahun 1952 ini memiliki tingkat kepercayaan tinggi dari masyarakat untuk urusan pengiriman barang dalam jumlah banyak dan berat.
Dulunya, PT PELNI belum bertransformasi seperti sekarang ini. Masyakarat hanya mengenal PT PELNI sebagai perusahaan pelayaran nasional yang berfokus kepada transportasi umum jalur laut. Seiring berkembangnya zaman dan tuntutan pengiriman barang melalui jalur laut, di tahun 1986 PT PELNI memiliki anak perusahaan bernama PT Sarana Bandar Nasional (PELNI Logistics) yang fokus pada pengiriman muatan besar dan banyak. Namun, ada beberapa ketentuan pengiriman barang melalui PT PELNI (Persero).
Syarat dan ketentuan ini sangat diperlukan dalam pengiriman barang, semua dilakukan agar proses pengiriman berjalan dengan lancar tanpa adanya gangguan dari sisi teknis. Gangguan dari sisi teknis bisa berdampak buruk bagi kedua belah pihak. Proses yang lama juga bisa terjadi apabila syarat tidak memenuhi kriteria pengiriman.
Siapkan berkas terkait barang yang ingin dikirimkan. Hal ini diperlukan untuk menentukan jenis barang, jumlah koli, dan jenis packaging barang itu. Apakah menggunakan karung, peti, atau dus. Data-data yang demikian sangat membantu petugas dalam melakukan pengemasan. Jangan lupa juga memperhatikan jenis barang yang akan dikirim, pengecekan jenis barang menjadi salah satu hal terumit dalam melakukan pengiriman melalui jalur laut. Petugas nantinya akan menentukan apakah barang yang akan dikirim masuk ke dalam kategori aman atau tidak.
Nilai barang yang akan dikirimkan juga menjadi perhatian khusus PT PELNI jika Anda ingin melakukan pengiriman barang melalui jasa pelayaran ini. Nilai barang akan menentukan apakah pengiriman akan dilakukan memakai asuransi atau tidak. Jika nilai barang yang akan dikirim terbilang cukup tinggi, maka Anda direkomendasikan untuk menggunakan asuransi. Ini diperlukan untuk menjamin keamanan barang kiriman, jika sewaktu-waktu mengalami kerusakan atau hal yang tidak diinginkan lainnya.
Untuk barang yang berukuran besar, pengemasan biasanya disediakan oleh penyedia jasa pengiriman. Dalam hal ini adalah PT PELNI yang mengemas barang sesuai dengan standar yang berlaku dalam dunia pengiriman barang cargo dan logistik. Beda hal dengan barang yang berukuran kecil. Lazimnya barang yang berukuran kecil bisa dipacking sendiri oleh pengirim dengan kemasan dus, plastik, dan lain sebagainya.
Jangan lupa cantumkan nama pengirim dan penerima, alamat pengirim dan penerima, serta nomor handphone yang aktif. Hal ini berguna untuk memudahkan petugas memberikan informasi yang diperlukan seputar pengiriman barang. Jika barang rusak juga nomor handphone berguna bagi petugas untuk memberitahukan kepada pengirim terkait kondisi barangnya.
Setelah semua syarat di atas sudah dipenuhi, nantinya petugas dari PT PELNI akan memberikan tanda jadi barang yang akan dikirimkan. Berikut dengan estimasi sampainya barang tersebut. Anda juga bisa mengecek resi dari pengiriman melalui laman resmi PT PELNI (Persero).
PT. Nusa Dharma Ekspresindo selalu siap membantu Anda untuk mengirimkan kargo, barang, maupun paket urgent atau yang butuh harus segera dikirim dengan cepat demi efisiensi waktu dan fleksibilitas. Jadi, Anda tidak perlu khawatir jika sewaktu – waktu ada keperluan mendesak untuk mengirim logistik karena NDE Cargo selalu siap dan bisa diandalkan. Untuk tarif pengiriman, kami menyediakan special price untuk priority client yang sudah sering melakukan repeat order. Reguler customer juga bisa mendapatkan harga terbaik yang kompetitif dengan layanan berkelas dan berkualitas.
NDE Cargo – Whenever Wherever Based: Jl. Cikunir Raya No. 20, Jaka Mulya, Bekasi Selatan, Jawa Barat – 17146 Phone: (021) 8243 6892